Rabu, 20 Maret 2019

MAKALAH PENGUKURAN PH TANAH DENGAN MENGGUNAKAN PH TANAH DAN KERTAS LAKMUS DASAR-DASAR ILMU TANAH

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat allah swt karena atas rahmat dan hidayah-nya penulis dapat menyelesaikan makalah tepat pada waktunya.
Terima kasih juga di ucapkan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pembuatan makalah ini,baik secara langsung maupun tidak langsung.makalah yang berjudul pengukuran pH tanah menggunakan pH meter dan kertas lakmus.
Akhir kata,penulis menyadari bahwa dalam makalah ini masih banyak kekurangan. untuk itu penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari berbagai pihak.
Semoga makalah ini bermanfaat untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan,umumnya bagi semua pihak dan khususnya bagi penulis.




BAB I PENDAHULUAN
1.2 latar belakang
Reaksi tanah (pH)sangat memepengaruhi ketersediaan unsur hara dalam larutan tanah.umumnya pada ph netral,ketrsediaan hara bagi tanaman menjadi optimal.pada pH yang lebih tinggi,ketersediaanunsur hara mikro menjadi sangat terbatas,dan pada pH yang rendah ketersediaan unsur makro juga menjadi terbatas sehingga menimbulkan gejala kekurangan hara(defisiensi hara)pada pertumbuhan tanaman.
Reaksi tanah sangat tergantung pada konsentrasi ion-ion yang terlarut dan bahan pelarut(air) didalam tanah.jika di dalam tanah erdapat larutan tanah H>OH maka pH akan menjadi rendah(asam),tetapi jika ion H>OH maka pH akan tinggi(alkalis)dan jika ion H=OH maka pH tanah akan menjadi netral.
Pada wilayahtropika basah (curah hujan tinggi),pH tanah biasanya masam,sedangakan pada wilayah dengan curah hujan rendah(beriklim kering),pH tanah biasanya lebih tinggi.hal ini berhubungan dengan konsentrasi ion-ion penyebab kemasaman atau kebasahan tanah.
Kemasaman tanah terdiri atas kemasaman altif dan kemasaman potensial.kemasaman aktif disebabkan olehion-ion H yanga ada dalam larrutan,yang akan berepengaruh langsung terhadap sifat kimia tanahdan keterseddiaan harabagi tanaman.kemasaman potensial tergantung pada jumlah ion dan aluminium (AI) yang terdapat pada kompleks pertukaran.kemasaman ini merupakan penyumbang kemasaman aktif sehingga tidak berpengaruh secara langsung terhadap tanaman.


1.2  Alat dan Bahan

Alat dan bahan yg di gunakan adalah :shaker (mesin pengocok tanah),PH meter,botol semprot,kertas lakmus,tiga contoh tanah dengan pH berbeda(Audisol,Ultisol,dan Histosol),akuades,tabung reaksi,rak tabung reaksi,pipet dan beaker glass.
1.3  Prosedur kerja
A.Penetapan pH tanah dengan menggunakan metode elektrtometri
·         siapkan standar buffer pH 4,0(larutkan 1 tablet buffer 4,0 dalam 100 ml akuades)dan standar buffer pH 7,0(larutkan 1 tablet buffer 7,0dalam 100 ml akuades).
·         Timbang 5 gram tana kering angin ,masukan kedalam beaker glass 50 ml,dan tambahkan 50 ml akuades.
·         Kocok selama 30 menit dengan shaker,diamkan sebentar sehingga terbentuk sehingga terbentuk warna bening di bagian atas wadah.
·         Ukurlah pH tanah dengan pH meter yang sebelumnya telah dibakukan dennga larutan penyangga(buffer pH 4,0 dan 7,0).
·         Ulangi pengukuran dengan bentuk tanah/sampel lainya.
       B.Penetapan pH dengan metode kolorimetri
·         Timbang 2 gram tanah kering udara dan masukan kedalam tabung reaksi,tambahkan 10 ml akuades dan kocok selama 15 menit.
·         Diamkan selam 5 menit hingga terjadi pemisahan larutan air dan tanah.
·         Celupkan kertas lakmus kedalam cairan tersebut hingga semua bagian kertas lakmus menjadi basah,kemudian keluarkan lalu bandingakn dengan warna yang cocok pada table warna yang tersedia.
·         Catat pH tersebut.
·         Ulangi untuk setiap sampel tanah yang di sediakan.

BAB II PEMBAHASAN
1.4  Hasil praktikum
Hasil praktikum ini adalah hasil pengamatan Ph dengan metode elektrometri dan kolorimetri pada setiap contoh tanah yang di sediakan.



BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan
·         Mahasiswa mampu mengukur Ph tanah dengan Ph-meter atau kertas lakmus dengan benar.
·         Mahasiswa mampu melakukan pengukuran Ph-meter atau kertas lakmus dengan prosedur standar yang benar.


DAFTAR PUSTAKA

Darmawijaya ,I.1990.Klasifikasi Tanah.Gadjah Mada University Press.Yogyakarta
Hakim,N,Y.Nyapka,A,M.Lubis,S.G.Nugroho,M.R.Saul,M,A.Diha,G.B.Hong dan H.H.Bailey.1986.Dasar-Dasar Ilmu Tanah.Universitas Lampung Bandar Lampung
Hardjowigeno,S.2003.Ilmu Tanah,Akademika Pressindo.Jakarta




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SURAT LAMARAN KERJA BIDAN

  Bandar Lampung, …………….. Hal : Lamaran Pekerjaan   Kepada Yth. …………….. di- Tempat Dengan hormat,         Sehubungan d...